Respon Cepat Pemilik Usaha melalui Media Sosial

Kehadiran Digital Marketing mampu untuk merespon cepat jawaban ketersediaan barang yang akan dijual ke konsumen. Beragam cara bagi para owner/pemilik sebuah usaha untuk bisa meningkatkan kualitas usahanya. Mulai dari pemilik usaha secara konvensional, maupun sekelas perusahaan online. Kewajiban digitalisasi penjualan secara masif patut dilakukan melalu media online, dengan banyaknya media sosial yang ada di Indonesia. Sebut saja Instagram, dimana para calon pembeli dapat melihat secara langsung barang yang dibutuhkan.

Media sosial sarat mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat, bahkan penulis sempat membaca,bisnis online baru tumbuh sekitar 1,8% (Sumber: Tempo.co). Dasar itulah yang menyebabkan, bahwa bisnis ini masih sangat dibutuhkan. Kejelian pemilik atau penjual untuk menawarkan produknya melalui media sosial bahkan dalam bentuk digitalisasi marketing harus diupayakan, agar calon konsumen mampu merespon, melihat dan membeli produk tersebut.

"Saya lebih banyak dirumah, mengurus anak yang masih balita, daripada saya belanja keluar rumah, digenggaman smartphone, saya sudah dapatkan barang yang saya mau," jelas Kurniati, Ibu Rumah Tangga. Ibu Kurniati menambahkan, dilayar HPnya banyak pilihan produk yang kompetitif. Banyak pemilik usaha konvensional, yang akhirnya serta-merta ikut mengulas produknya melalui Media Sosial. Walaupun banyak yang masih menggunakan cara konvensional pula, dimana ada pasar, disitu ada penjual dan pembeli. "Lebih enak ketemu sama penjualnya langsung,lebih percaya 100% sama produknya," tandas Irin, Pedagang Toko Kelontong di Depok.

Penjualan di era digital memang perlu diperluas, bukan hanya terpusat di pusat kota, tapi juga ke daerah/pedesaan. Dan ini perlu dukungan semua pihak, terutama dari pemerintah daerah. Hal ini tentu akan menjadi keunggulan bagi daerah tersebut. Konektivitas internet yang cepat dan murah juga perlu difasilitasi, agar kemampuan pemilik usaha dapat bersaing dengan keunggulan produk diluar daerah lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mandi Keharuman Sepanjang Hari dengan Vitalis Bodywash

Era Digital Rambah Klinik Gigi Global Estetik

Rintik Hujan Temani Syahdunya Launching Buku Terinspirasi dan Termotivasi!